Twitter Bird Gadget

Rabu, 26 Desember 2012

Business Strategy

PT Smartfren Telecom, Tbk.


Telekomunikasi telepon selular telah berkembang pesat di Indonesia selama 15 tahun terakhir ditandai dengan jumlah pelanggan yang meningkat. Jumlah pelanggan telah meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia adalah yang terbesar keempat di jumlah pelanggan telepon seluler di Asia setelah Korea Selatan, Cina dan Jepang.Saat ini, Indonesia memiliki 7 operator telepon seluler menggunakan teknologi GSM (Global System for Mobile) dan 4 operator dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access). Berdasarkan data di Pot dan Telekomunikasi Direktorat Jenderal, pada periode 2006-2010, jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia tumbuh 31% per tahun.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, beberapa operator mencari merger, seperti PT Smart Telecom dengan mengakuisisi PT Mobile 8.PT. Mobile-8 didirikan pada tahun 2002 oleh Grup Bimantara. Pada tahun 2005, kemudian diambil alih oleh Bhakti Investama Group Harry Tanusoedibyo. Pada bulan Maret 2007, Mobile-8 mergerdan tiga anak perusahaannya - PT KOMUNIKASI Selular Indonesia (Komselindo), PT Metro Selular Nusantara (Metrosel) dan PT Telekomindo Selular Raya (Telesera) menjadi satu dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi.
Ketiga anak perusahaan adalah operator AMPS berbasis layanan telekomunikasi seluler di daerah yang berbeda, termasuk Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan daerah lain di Indonesia Timur. Setelah mendapatkan tiga operator, Mobile-8 secara bertahap mengubah teknologi jaringan selular mereka dari AMPS ke CDMA digital, untuk memungkinkan mereka untuk memperluas cakupan untuk mencakup semua wilayah Indonesia.
PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasiste knologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setaradengan 3G) yang terluas di Indonesia. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.
Jasa dan layanan Smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi. Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik
Saat ini semua operator seluler lebih mengandalkan layanan data dan pelanggan sebagai sumber pendapatan utama.PT Smart Telecom mengoperasikan teknologi komunikasi generasi ke-4, Long Term Evolution (LTE), teknologi ini diberikan terutama untuk pelanggan korporat yang membutuhkan akses internet kecepatan tinggi. Jaringan LTE membantu pelanggan data yang ingin menggunakan kecepatan yang lebih tinggi daripada EVDO Rev B 9,3 mbps yang dikembangkan sebelumnya. Berbeda dengan teknologi Wimax, yang akan memerlukan pembangunan infrastruktur baru, teknologi LTE bisa memanfaatkan komponen jaringan yang ada.
Kesimpulannya, PT Smartfren Telecom, Tbk memiliki kekuatan dalam pengembangan produk, hal ini juga diimbangi dengan kuatnya dalam pemasaran. Dalam strategi pemasaran, smartfren memberikan layanan yang optimal kepada pelanggannya. Hal ini dapat dilihat dari produk smartfren (misal : modem smartfren). Kualitas terbaik diberikan pada produk ini. Dengan harga yang terjangkau, smartfren memberikan Quota lebih besar daripada operator telekomunikasi yang lain. Dalam koneksi internet, smartfren tidak kalah dengan operator yang lain. Dengan strategi ini diharapkan smartfren dapat menarik lebih banyak pelanggan, selain itu smartfren tidak akan mudah tergeser dengan produk yang ditawarkan oleh operator yang lain maupun dengan produk pengganti yang ada di pasaran, karena smartfren telah memiliki pelanggan tetap.

0 komentar:

Posting Komentar